GIAT PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH

“GIAT PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU DAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS BENGKULU”

Program studi Pendidikan Biologi Universitas Bengkulu mengadakan pengabdian kepda masyarakat dengan kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru dan Mahasiswa Pendidikan Biologi, Kamis (10/11/2022) di Aula MTS Negeri 1 Kota Bengkulu. Pengabdian dalam bentuk pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh gugus kendali mutu (GKM) program studi Pendidikan Biologi. Sebanyak 30 Guru MTS Negeri 1 Kota Bengkulu dari berbagai mata pelajaran serta 10 orang Mahasiswa Pendidikan Biologi menghadiri acara tersebut sebagai peserta. Selain itu, kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua Jurusan Pendidikan MIPA Universitas Bengkulu, Dr. Abas, M.Pd, Koordinator Program Studi Pendidikan Biologi, Dra. Yennita, M.Si serta beberapa Dosen lainnya.

 

Acara dimulai pada pukul 08.00 dengan dibuka oleh koordinator program studi Pendidikan Biologi, Dra. Yennita, M.Si. “Keterampilan menulis merupakan hal yang harus dikuasai oleh semua orang, termasuk guru sebagai tenaga pendidik. Karena dengan menulis banyak hal yang dapat dituangkan dan dibagi ke orang banyak. Menulis bukan lagi hanya sebagai syarat kenaikan pangkat, namun merupakan hal krusial yang akan selalu dibutuhkan”, jelasnya saat menyampaikan kata sambutan sekaligus membuka acara. Adapun pemateri pada kegiatan ini ialah Abdul Rahman, S.Si., M.Si., Ph.D yang merupakan salah satu dosen program studi pendidikan biologi dengan banyak jam terbang serta pengalaman dalam penulisan karya tulis ilmiah. Wakil Dekan Akademik FKIP Universitas Bengkulu ini menyampaikan materi kepenulisan dengan diselingi oleh beberapa guyonan dan candaan. Salah satu kalimat beliau yang paling menarik ialah “Lebih baik makan dan minum daripada kerja, yaitu kerja yang menyesatkan orang lain”. Hal ini berarti bahwa kita harus bertanggung jawab penuh dengan apa yang kita tulis, jangan sampai memanipulasi ataupun menyesatkan orang lain. Materi yang disampaikan tidak terbatas pada tips dan trik dalam menulis ilmiah, namun disertai pula dengan beberapa contoh permasalahan yang dapat diangkat dalam penelitian dan penulisan ilmiah. Materi disampaikan dalam waktu 90 menit kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab 30 menit. 

 Sesi tanya jawab dipandu langsung oleh salah satu dosen program studi Pendidikan Biologi, Ahmad Saddam Husein, S.Pd., M.Sc. Pada sesi tanya jawab ini, peserta sangat aktif dalam menyampaikan pertanyaan. Pertanyaan yang disampaikan pun sangat menarik dan beragam, baik mengenai tips mengembangkan sebuah judul sehingga menjadi sebuah tulisan, langkah menjalin kerja sana dengan Universitas maupun mengenai kegiatan adat di daerah yang pernah terbesit untuk diteliti. Tidak sampai di sana, masih banyak peserta yang ingin bertanya sehingga dibuka sesi kedua dengan tiga pertanyaan lagi. Secara sigap para peserta memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menyampaikan hal yang selama ini membuatnya bingung dalam sebuah penelitian dan penulisan.

 

Kegiatan pelatihan dan pendampingan berakhir di pukul 11.30 WIB, mengenai kerja sama antara MTS Negeri 1 Kota Bengkulu dengan program studi Pendidikan Biologi dalam penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah akan ditindak lanjuti dalam waktu dekat. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada pemateri dan perwakilan peserta serta sesi foto bersama. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *