Ekologi adalah ilmu tentang hubungan timbal balik atau interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya, makhluk hidup dengan makhluk hidup lain, dan lingkungan dengan lingkungan lain. Unit utama ekologi adalah ekosistem. Ekosistem merupakan bagian dari lingkungan, ekosistem memiliki komponen-komponen tertentu yang memiliki fungsi oleh karena itu disebut sebagai suatu sistem. Komponen-komponen tersebut antara lain abiotik, biotik, fisika, kimiawi, dan sebagainya. Contoh faktor biotik adalah makhluk hidup baik itu manusia, hewan, ataupun tumbuhan. Contoh faktor abiotik yaitu suhu, kelembaban, iklim, curah hujan, dan sebagainya. Beberapa contoh faktor abiotik tersebut adalah sesuatu yang harus diukur oleh karena itu diperlukan alat-alat khusus yang tepat untuk mengukur faktor-faktor abiotik.
Dalam kegiatan praktikum Ekologi, pengumpulan data banyak melibatkan pengukuran. Pengukuran cuplikan tersebut biasanya melibatkan alat-alat tertentu. Supaya alat yang kita gunakan dapat mengukur dengan benar, sehingga diperoleh data yang representative, maka alat yang digunakan harus dikenali dan diketahui prosedur operasinya. Alat – alat yang digunakan dalam ekologi mempunyai fungsi dan cara kerja yang berbeda. Oleh karena itu perlu adanya pengenalan alat-alat yang meliputi fungsi atau kegunaan alat, cara pemakaian dan prinsip kerja. Sehingga ketika praktikum di lapangan siswa mampu menggunakan alat-alat dengan benar dan tepat. Namun masih terdaapt beberapa kekurangan maupun kelemahan dalam pembelajaran. Dimana masih kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru serta siswa mengenai peralatan dan metode pengukuran terutama pada bidang ekologi yang unit utamanya adalah ekosistem. Perlu adanya sebuah intervensi untuk dapat menambah pengetahuan dan keterampilan. Maka dari itu, proses pembelajaran perlu diselipkan pembelajaran diluar kelas melalui interaksi langsung dengan lingkungan.
Oleh karenanya salah satu unsur kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi adalah Pengabdian Kepada Masyarakat. Pada semester genap TA. 2023/2024 telah dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan yang berjudul “Pengenalan Peralatan Dan Metode Pengukuran Faktor Lingkungan Bagi Guru Dan Siswa Smp Plus Ja-Alhaq”. Kegiatan ini dilakukan oleh Dosen Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Adapun tim yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat tersebut adalah: 1. Drs. Syarif Hidayat, M.Pd. sebagai ketua pelaksana, 2. Neni Murniati, M. Pd sebagai Anggota 1, dan 3. Dra. Kasrina, M. Si sebagai anggota 2. Pengabdian ini juga melibatkan mahasiswa pendidikan biologi sebagai anggota yakni: 1. Fuji Atika Putri, dan 2. Fika Tri Ajizah. “Pengenalan Peralatan Dan Metode Pengukuran Faktor Lingkungan Bagi Guru Dan Siswa SMP Plus Ja-Alhaq” dilaksanakan di pusat pembelajaran Turtle Learning Center (TLC), Universitas Bengkulu.
“Pengenalan Peralatan Dan Metode Pengukuran Faktor Lingkungan Bagi Guru Dan Siswa SMP Plus Ja-Alhaq” telah dilaksanakan pada Kamis, 23 Februari 2023. Kegiatan ini dihadiri sekitar kurang lebih 30 siswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang pengenalan peralatan dan metode pengukuran faktor lingkungan kepada guru dan siswa dengan tujuan diantaranya
1) Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan guru dan siswa siswa dalam memahami alat apa saja dan metode yang digunakan dalam pengukuran faktor lingkungan.
2) Memberikan skill (keterampilan) bagi siswa untuk mengaplikasikan keterampilan yang diperolehnya pada kegiatan praktikum IPA/ Biologi. Harapan ke depannya siswa dapat meningkatkan keterampilan psikomotor dalam pembelajaran.
Pengenalan peralatan dan metode pengukuran faktor lingkungan kepada guru dan siswa SMP Plus Ja-Alhaq yang dilaksanakan di di pusat pembelajaran Turtle Learning Center (TLC), Universitas Bengkulu dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pengamatan. Kegiatan pengabdian dilakukan untuk memberikan edukasi kepada guru dan siswa mengenai pengenalan peralatan dan metode pengukuran faktor lingkungan sehingga guru dan siswa dapat mempeoleh keterampilan menggunakan alat dan metode pengukuran yang benar dan tepat. Pada proses pelaksanaaannya dilakukan dengan cara memberikan pelatihan dan pengamatan sebagai berikut. Kegiatan ini dilakukan dengan cara edukasi melalui pelatihan dan pengamatan dengan tujuan agar mitra mempunyai a) memahami alat apa saja dan metode yang digunakan dalam pengukuran faktor lingkungan, b) mengaplikasikan keterampilan yang diperolehnya pada kegiatan praktikum IPA/ Biologi. Melalui cara tersebut diharapkan guru dan siswa dapat menggunakan alat dan metode pengukuran lingkungan yang sangat bermanfaat.
Mei 2023
By. Neni Murniati
Foto Kegiatan Pengenalan Peralatan Dan Metode Pengukuran Faktor Lingkungan Bagi Guru Dan Siswa SMP Plus Ja-Alhaq