CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI PEND.BIOLOGI

Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi

KETERAMPILAN KHUSUS (KK)

KK 1

KK 2


KK 3

KK 4

KK 5

KK 6

KK 7

KK 8

KK 9

KK 10

KK 11

KK 12

  • Memiliki motivasi mandiri untuk selalu mengikuti perkembangan keilmuan biologi dan pembelajarannya secara sinambung sebagai dasar keilmuan untuk profesinya.
  • Memiliki kemampuan merencanakan, merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran biologi dengan pendekatan siswa aktif dengan memanfaatkan sumber, media dan potensi lingkungan setempat sesuai dan tuntutan kurikulum sekolah dalam kerangka TPCK (Technological Pedadogical Content Knowledge) atau SSP (Subject Specifik Pedagogy) sesuai dengan standar mutu yang berlaku;
  • Mampu melakukan      perbaikan      proses pembelajaran biologi yang dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas (action research);
  • Mampu mengaplikasikan metoda pembelajaran biologi yang telah dikembangkan secara inovatif
  • Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;
  • Mampu melakukan kajian terhadap kebijakan atau implementasi kebijakan di bidang pendidikan biologi, etnobiologi dan lingkungan
  • Memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan hasil-hasil/luaran/produk yang dihasilkan dalam bidang yang berkaitan dengan pendidikan biologi dan pembelajaran biologi menggunakan bahasa Inggri
  • Mampu menerapkan penguasaan konsep-konsep biologi dan ilmu pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran biologi dengan memanfaatkan perkembangan IPTEKS
  • Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui kegiatan penelitian dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai dengan konteks sekolah dan perkembangan peserta didik.
  • Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang pendidikan biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah dibidang pendidikan biologi dengan memanfaatkan teknologi informasi sesuai dengan perkembangan IPTEKS
  • Menguasai keterampilan kerja dan kemampuan managerial pengelolaan laboratoriums ekolah (Lab. Biologi) dengan memanfaatkan IPTEKS
  • Mampu menerapkan penenguasaan konsep biologi dan ilmu pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran Biologi yang mendidik sesuai kajian etnobiologi dan lingkungan.

PENGETAHUAN (P)

PP1

 

PP2

P3

P4

P5

P6

P7

  • Menguasai teori konsep, prinsip dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan biologi sesuai potensi lingkungan lokal dan perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah
  • Menguasai konsep, prinsip dan teori pedagogi andragogi dan heutagogi, dan didaktikal biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy);
  • Menguasai teori, konsep, prinsip dan aplikasi berbagai pendekatan, strategi, model, metode dan teknik pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai tuntutan jaman;
  • Menguasai teori, konsep, prinsip, dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya;
  • Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan;
  • Menguasai perkembangan isu terkini terkait dengan kebijakan pendidikan, implementasi dan implikasinya;
  • Menguasai konsep dasar di bidang penelitian biologi dan pendidikan biologi.

SIKAP (S)

S1

S2

S3

S4

S5

S6

S7

S8

S9

S10

S11

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  • Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai dan kemampuan peserta didik.

 

KETERAMPILAN UMUM (KU)

KU1

KU2

KU3

KU4

KU5

KU6

KU7

KU8

KU9

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi atau penelitian dalam pendidikan biologi berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik serta mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data;
  • Memiliki kemampuan dasar dalam mengelola dan meningkatkan kapasitas pembelajaran yang diembannya
  • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  • Mampu menyusun dam mengkomunikasikan materi dalam bidangnya dengan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan didasarkan pada etika akademik, melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas
  • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  • Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan menjelaskan pembelajaran secore mandiri;
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.