LEARNING OUTCOME PRODI PEND. BIOLOGI

PS Pendidikan Biologi didesain untuk memenuhi target kemampuan KKNI level 7 (setara dengan EQF level 6) pada tiga kompetensi utama knowledge and understanding, skills, dan autonomy and responsibility. Pada bidang knowledge and understanding, target yang diharapkan adalah advance knowledge on biological a field with involving a critical understanding of its theories and principles. Target pada level keterampilan adalah mengambil keputusan, mengaplikasikan metode serta menerapkan konsep merupakan. Sementara pada bagian Autonomy and responsibility menekankan pada sikap tanggung jawab terhadap pekerjaan dan keahlian.

Table LO’s of Bachelor of Biology of Education

EQF

KKNI

Pendidikan Biologi

Knowledge and understanding

Advanced knowledge of a field of work or study, involving a critical understanding of theories and principles

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

P1 : Menguasai teori konsep, prinsip dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan biologi sesuai potensi lingkungan lokal dan perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.

P2 : Menguasai konsep, prinsip dan teori pedagogi andragogi dan heutagogy, dan didaktik biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy).

P3 : Menguasai teori, konsep, prinsip dan aplikasi berbagai pendekatan, strategi, model, metode dan teknik pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir sesuai tuntutan zaman;

P4 : Menguasai teori, konsep, prinsip, dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan keilmuannya.

P5 : Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan.

P6 : Menguasai perkembangan isu terkini terkait dengan kebijakan pendidikan, implementasi dan implikasinya;

P7 : Menguasai konsep dasar di bidang penelitian biologi dan pendidikan biologi.

Skills

Advanced skills, demonstrating mastery and innovation, required to solve complex and unpredictable problems in a specialised field of work or study

Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi.

Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya, dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.

KU1 : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

KU2 : Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi atau penelitian dalam pendidikan biologi berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik serta mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

KU3 : Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data.

KU4 : Memiliki kemampuan dasar dalam mengelola dan meningkatkan kapasitas pembelajaran yang diembannya.

KU5 : Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

KU6 : Mampu menyusun dan mengkomunikasikan materi dalam bidangnya dengan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan didasarkan pada etika akademik, melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.

KU7 : Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

KU8 : Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta  evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan menjelaskan pembelajaran secara mandiri;

KU9 : Mampu  mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

KK1 : Memiliki motivasi mandiri untuk selalu mengikuti perkembangan keilmuan biologi dan pembelajarannya secara sinambung sebagai dasar keilmuan untuk profesinya.

KK2 : Memiliki kemampuan merencanakan, merancang, melaksanakan dan   mengevaluasi pembelajaran biologi dengan pendekatan siswa aktif dengan memanfaatkan sumber, media dan potensi lingkungan setempat sesuai dan tuntutan kurikulum sekolah dalam kerangka TPCK (Technological Pedadogical Content Knowledge) atau SSP (Subject Specifik Pedagogy) sesuai dengan standar mutu yang berlaku;

KK3 : Mampu melakukan      perbaikan      proses pembelajaran biologi yang dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas (action research);

KK4 : Mampu mengaplikasikan metoda pembelajaran biologi yang telah dikembangkan secara inovatif.

KK5 : Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;

KK6 : Mampu melakukan  kajian  terhadap  kebijakan atau implementasi kebijakan di bidang pendidikan biologi.

KK7 : Memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan hasil-hasil/luaran/produk yang dihasilkan dalam bidang yang berkaitan dengan pendidikan biologi dan pembelajaran biologi menggunakan bahasa Inggris.

KK8 : Mampu kemampuan untuk mengkomunikasikan hasil-hasil/luaran/produk yang dihasilkan dalam bidang yang berkaitan dengan pendidikan biologi dan pembelajaran biologi menggunakan bahasa Inggris.

KK9 : Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui kegiatan penelitian dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai dengan konteks sekolah dan perkembangan peserta didik.

KK10 : Mampu Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang pendidikan biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah dibidang pendidikan biologi dengan memanfaatkan teknologi informasi sesuai dengan perkembangan IPTEKS.

KK11 : Menguasai keterampilan kerja dan kemampuan managerial pengelolaan laboratoriums sekolah (Lab. Biologi) dengan memanfaatkan IPTEKS.

KK12 : Mampu menerapkan penenguasaan konsep biologi dan ilmu pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran Biologi yang mendidik sesuai kajian etnobiologi dan lingkungan.

Autonomy and responsibility

‐ Manage complex technical or professional activities or projects, taking responsibility for decision‐making in unpredictable work or study contexts

‐ Take responsibility for managing professional development of individuals and groups

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

S1 : Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

S2 : Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

S3 : Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

S4 : Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

S5 : Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

S6 : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

S7 : Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

S8 : Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

S9 : Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan 

S10 : Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

S11 : Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai dan kemampuan peserta didik.

Pembelajaran di S1 Pendidikan Biologi menggunakan prinsip student-centred learning, mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, rencana pembelajaran semester disusun dengan mengacu pada outcome based education. Sehingga mahasiswa melakukan pembelajaran dengan menggunakan data-data empirik yang lebih mudah dipahami dan diterapkan. Demi memastikan hal tersebut di atas berjalan secara baik, para pendidik memiliki Rencana Pengajaran Semester (RPS) yang memetakan secara detail aktivitas pembelajaran di kelas untuk satu mata kuliah selama satu semester. RPS yang dikembangkan saat ini mengacu pada kurikulum pendidikan berbasis capaian (Outcome Based Education, OBE) yang mencakup beberapa capaian pembelajaran. Capaian pembelajaran tersebut meliputi: sikap, pengetahuan dan keterampilan. Setiap mata kuliah yang dikembangkan muatan LO komponen Knowledge and understanding, Skills, dan Autonomy and Responsibility untuk memenuhi kebutuhan profil lulusan. Sebaran LO pada setiap mata kuliah dapat dilihat pada Gambar dibawah ini:

Sedangkan evaluasi capaian hasil pembelajaran menunjukan bahwa persentase mahasiswa yang mendapatkan nilai dalam rentang A sampai B+ cukup tinggi pada komponen sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada evaluasi capaian pembelajaran untuk komponen sikap, lebih dari 75% mahasiswa mendapatkan nilai dalam rentang A sampai B+ untuk semua sub komponen sikap, kecuali sub komponen S5. Sementara untuk komponen pengetahuan dan keterampilan umum, rentang nilai B+ sampai A diperoleh oleh lebih dari 75% siswa pada semua sub komponen. Sedangkan rentang nilai B+ sampai A di bawah 75% diperoleh pada sub komponen KK9 dan KK11 untuk komponen keterampilan khusus… Hasil evaluasi capaian pembelajaran komponen secara detail dapat dilihat pada gambar dibawah ini;